Selasa, 25 Juni 2013

Hadits online dan dasar hukum islam

jamak di ketahui bahwa dasar dari hukum islam itu bersumber utama dari al-quran, assunah, ijma', kiyas.

1. Al-Quran, merupakan kalamulloh yang diwahyukan kepada Nabiyulloh Muhammad Saw melalui mlaikat yang mulia jibril As. merupakan pokok pedoman dalam pengambilan hukum dalam islam, darimana pun asal keterangan mengenai islam harus merujuk dan bersesuaian dengan al-quran ini, untuk menu al-quran digital bisa antum buka di sini.

2.Assunah, atau yang lazim di sebut al-hadits ini adalah perkataan dan perbuatan Rosululloh sebagai suri teladan umat bukan hanya itu sesuatu yang di cita-citakan atau hal yang di biarkanpun menjadi bagian dari assunah ini. assunah berperan selain sebagai rujukan hukum yang bersifat sunah juga sebagai penjelas al_quran sebagai dasar utama. assunah shohihah tak mungkin bertentangan dengan al-quran selamanya.untuk hadits online disini


3.ijma', adalah sebuah kesepakatan dari ulama' yang mana lebih di tekankan pada kesepakatan ulama' dari generasi terbaik menurut rosululloh yaitu sahabat, tabiin, tabiut tabiin. kalau kesepakatan dalam sebuah hukum di ambil dari 3 generasi tersebut insya alloh lebih benar karna mereka tak mungkin menyelisihi al-quran dan assunah shohihah.


4.kiyas, adalah pemutusan suatu hukum yang tidak di temukan secara tekstual di dalam al-quran, assunah, ataupun perkataan sahabat. dan kiyas inipun memiliki batas-batas yang tidak boleh di langar, dalam mengiaskan sesuatu harus sesuatu yang sejenis atau berhubungan, karna kalau kiyas ini di bebaskan leluasa maka peranan al-quran hadits dan kalam sahabat lambat laun akan di gantikan dengan idiologi pemikiran yang kadang bersebrangan dengan 3 dasar tsb.


nah yang akan ana sajikan kali ini dasar hukum yang ke 2 yaitu assunah/al-hadits online dari situs lidwapustaka.com yang bisa antum manfaatkan disini


sedang fiturnya untuk antum=
  • al-quran digital
  • hadits dari 9 imam ahli hadits (shohih bukhori, shohih muslim,sunan abu daud, sunan tirmidzi, sunan nasa'i, sunan ibnu majah, musnad ahmad, muwatho' malik, sunan darimi)
  • pencarian kata/hadits
  • daftar bab, isi bab, diagram sanad, hadits pembanding, kategori, data prawi, dll
langsung saja klik

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar